Wednesday, June 27, 2007

Second

ada banyak hal istimewa pada diri kakek, rasanya beliau adalah orang yang sangat tenang, sabar, dan seumur hidup aku rasa tidak pernah melihat beliau marah kepada siapapun. tidak pernah marah, bener-bener luar biasa. kakek orang yang sangat bijak, sangat bijak. entah berapa nilai harga yang sudah ia korbankan untuk keluarganya, tiap kali hari raya idul fitri terlewati, rumah beliau selalu padat, para tetangga begitu menghormatinya. kakek adalah salah satu tetua di desaku, desa klangon. dulu ia pernah bekerja di pemerintahan, aku tidak tahu pasti bagaimana sosok kakek ketika masih jadi pegawai dulunya, cuman sedikit terlintas bayangku pakaian coklat ia kenakan.
kakek juga menekuni ilmu tenaga dalam, beliau dulu melatih banyak orang di pekarangan rumahnya. mulai dari tetangga-tetangga yang ingin belajar ilmu tenaga dalam sampai orang luar yang ingin belajar. akupun dulu sempet belajar, cuman karena latihannya tengah malam, dan akupun masih sekolah, akupun hanya sesekali saja ikut latihan.
pernah suatu kali aku disuruh menendang batang pisang, tidak dengan kekuatan fisik saja, tetapi dengan keyakinan di dalam dada yang sangat kuat. aku ambil konsentrasi, aku tatap batang pohon pisang itu, lalu aku berlari mengincar batang pohon pisang itu seakan-akan pohon pisang itu musuh besarku. aku tendang, dengan tendangan satria baja hitam, ciaaaaaaat ...... srak !!!
dan batang pohon pisang itu pun tersobek-sobek. semua tersenyum simpul, aku heran, kenapa ??? dan ternyata aku gagal memenuhi apa yang seharusnya diharapkan terjadi. :)
kakek .. kakek .. engkau telah meninggalkan kami, kami pasti sangat merindukanmu, kasurmu yang tidak terlalu empuk tapi sungguh antik, perkakas yang kau gunakan untuk garuk punggungmu, aku masih ingat itu, pakaianmu, yang sedikit tipis cocok ketika udara bojonegoro sangat panas.
aku ingat pula jenis rokok yang engkau suka, aku tidak tahu namanya tapi aku tahu itu adalah rokok mbah kung. mbah kung, aku sudah kerja sekarang mbah, aku sudah bisa mandiri mbah, aku bisa cari uang sendiri, mengurus diriku sendiri, aku sudah di jakarta mbah, banggakah kau padaku mbah kung, apakah yang kau banggakan pada diriku mbah ? tapi aku jelas bangga padamu mbah kung,
mbah kung, aku hanya ingin mengatakan bahwa mbah kung ..............sangat baik
kau orang yang baik mbah kung, kau orang yang baik, kau orang yang baik.
kini engkau telah dipanggil oleh-Nya dan meninggalkan kami semua. tapi jiwamu senantiasa ada pada diriku,
mbah kung...tentu kau tidak marah karena aku tidak bisa pulang ketika engkau telah dipanggil oleh-Nya.

No comments: